Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Anshor Cibungbulang Kabupaten Bogor

Authors

  • Agus Ali Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Atik Mardiati Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati Bandung Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46799/jequi.v3i1.30

Keywords:

manajemen mutu, belajar, masyarakat

Abstract

Pendidikan sebagai modal dasar pembangunan suatu bangsa serta merupakan proses untuk meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam proses pembangunan bangsa. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui implementasi menajemen mutu terpadu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) anshor cibungbulang kabupaten Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain. Hasil implementasi TQM adalah (a) terbangunnya komunikasi yang baik pada semua pihak (b) terbentuknya pembiasaan peribadahan yang baik pada warga sekolah, (c) terbentuknya akhlak mulia/karakter (d) terlaksananya ekosistem sekolah yang terbuka, (e) terlaksanannya training dan pembinaan guru dan karyawan, dan (f) terlaksananya activitas siswa berupa pengembangan diri yang berkualitas. Dampak implementasi TQM berbasis keunggulan lokal (pembinaan karakter dan penguatan ruhani) adalah meningkatnya: (a) kepercayaan masyarakat, (b) kuantitas dan kualitas input siswa, (c) kualitas output, dengan ketercapaian SKL dengan keseimbangan dalam prestasi akademik dan non akademik dan (d) dukungan stake holder.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-25